Informasi Berkala

Showing 1-8 of 8 items.
#Judul
1Profile Pejabat Kementerian Perhubungan
Deskripsi :

Informasi mengenai Profil Pejabat Kementerian Perhubungan berupa Nama, Jabatan, Sejarah Karir, Sejarah Pendidikan, Penghargaan dan Laporan Kekayaan

  • Menteri Perhubungan Republik Indonesia;
    • Budi Karya Sumadi.

      Menteri Perhubungan Alamat kantor JI. Medan Merdeka Barat No.8 Gd. Karsa Lt. 8 Jakarta Pusat 10110 Telp. (021) 3840789, 3455665 Ext. 1267. Lahir di Palembang pada tanggal 18 Desember 1956. Menempuh pendidikan sarjana di bidang arsitektur Universitas Gajah Mada pada tahun 1981. Pernah menjabat sebagai Presiden Direktur PT Pembangunan Jaya Ancol sejak tahun 2004, kemudian menjadi Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (JakPro) hingga tahun 2013. Terakhir Beliau menjabat sebagai Direktur Utama Angkasa Pura II pada tahun 2015 sampai Juli 2016. Pada tanggal 27 Juli 2016, Presiden Joko Widodo melantik beliau sebagai Menteri Perhubungan pada Kabinet Kerja Tahun 2014-2019, pada Oktober 2019 Budi Karya Sumadi kembali dilantik sebagai Menteri Perhubungan pada Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

       

  • Sekretaris Jenderal;
    • NOVIE RIYANTO RAHARJO

      Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Alamat Kantor JI. Medan Merdeka Barat No. 8 Gd. Karsa Lt. 5 Jakarta Pusat 10110 Memulai Karir menjadi Kepala Standarisasi Navigasi Udara, Direktorat Keselamatan Penerbangan Tahun 2001-2006, Kasubdit Sistem dan Prosedur Navigasi Udara, Direktorat Keselamatan  Penerbangan Tahun 2006- 2009, Kasubdit Standarisasi dan Sertifikasi Navigasi Udara, Direktorat Navigasi Penerbangan Tahun 2009- 2014, Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah II, Medan Tahun 2014-2015, Direktur Navigasi Penerbangan Tahun 2015-2016, Direktur  Utama AirNav Indonesia Tahun 2016-Januari 2020, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Tahun 2020-2022. Memiliki latar belakang pendidikan SMAN 3 Semarang Tahun 1982-1985, Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada Yogyakarta Tahun 1985-1991,  Aeronautical Engineering Faculty, Ecole Nationale de L’aviation Civile Toulouse, France Tahun 1996-1998.

       

  • Inspektorat Jenderal;
    • Ir. M. Pramintohadi Sukarno, M.Sc

      Alamat Kantor JI. Medan Merdeka Barat No. 8 Gd. Karsa Lt. 6 Jakarta Pusat 10110. Pernah menjabat menjadi Atase Perhubungan KBRI Canada 2007-2011, Kepala Bagian TU Kantor Otban Wilayah I Jakarta 2011-2023, Kepala Kantor Otban Wilayah II Medan 2013 - 2014, Kepala Kantor Otban Wilayah III Juanda Surabaya 2014-2015, Kepala Kantor Otban Wilayah V Hasanuddin Makassar 2015, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Udara 2015, Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara 2015-2016, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Udara 2018, Direktur Bandar Udara 2018-2019, Staf Ahli bidang Teknologi, Lingkungan dan Energi Perhubungan 2019-2020, Direktur Utama Airnav Indonesia 2020-2022, Staf Ahli bidang Teknologi dan Energi Perhubungan 2022, dan Inspektur Jenderal sampai dengan saat ini. Memiliki latar belakang pendidikan SMAN 5 Surabaya, S1 Teknik Sipil ITS Surabaya, dan S2 Transportasi ITB Bandung. Penghargaan yang pernah diperoleh adalah Satya Lancana Karya Satya 10 Tahun, Satya Lancana Karya Satya 20 Tahun, Satya Lancana Karya Satya 30 Tahun, Penghargaan Adikarya Dirgantara Pralabda, Top Leader on CSR Commitment 2019, The Most Committed GRC Leader 2019, dan The Best Financial Performance & Developing Digital Enterprise Resource Planning.

       

  • Direktur Jenderal Perhubungan Darat;
    • Drs. Hendro Sugiatno, M.M.

      Alamat unit kerja di Jalan Medan Merdeka Barat No. 8 Jakarta Pusat 10110 gd. Karsa Lt. 3. telp. (021) 3456919,  3811308 Ext.  1102, 1350 Fax. (021) 3857085. Lahir di Cilacap, 14 Desember 1964. Beberapa jabatan yang pernah diemban adalah WISYAISWARA MUDA SESPIM (2010-2014), KAROLOG POLDA SULTENG (2014-2016), KABAGRENLOG ROJIANSTRA SLOG POLRI (2017-2018), KAROLOG POLDA METRO JAYA (2018-2019), KARORENMIN BARESKRIM POLRI (2019-2021), KAPOLDA LAMPUNG (2021). Memiliki latar belakang pendidikan yaitu AKABRI A (1988), PTIK (1999), SESPIM (2003), S2 Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (2009), dan LEMHANAS (2016). Penghargaan yang pernah diperoleh adalah Satyalancana Dwidya Sistha (1999), Satyalancana Pengabdian 16 Tahun (2004), Satyalancana Pengabdian 8 Tahun (2004), Satyalancana Dharma Nusa (2009), Satyalancara Pengabdian 24 Tahun (2013), Bintang Bhayangkara Narariya (2014), Satyalancana Operasi Kepolisian (2017). 

       

  • Direktur Jenderal Perhubungan Laut;
    •  Ir. Arif Toha Tjahjagama, DEA
    • Alamat unit kerja di Jalan Medan Merdeka Barat No. 8 Jakarta Pusat 10110 Gedung Karsa Lt. 4. Lahir di Sidoarjo 20 Maret 1967. Memulai karir sebagai Kepala Seksi Penyusunan Rencana, Bidang Perencanaan dan Pembangunan, Kantor Otorias Pelabuhan III Tanjung Perak (2010 – 2012) ; kasi Rencana dan Program Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok (2012-2014); Kabid Perencanaan Pembangunan Kantor OP Utama Tanjung Perak (2014-2015); Kasubdit Angkutan Laut Khusus dan Penunjang, Ditlala (2015-2016); Kasubdit Angkutan Laut Khusus dan Usaha Jasa Terkait, Ditlala (2016); Kepala Subdirektorat Tatanan dan Perencanaan Pelabuhan, Dit Kepelabuhanan (2016-2017); Kepala Distrik Navigasi Kelas III Tarakan (2017); Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok (2017-2018); Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (2018-2020); Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak (2022-2021); dan Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (2021-2022). Memiliki latar belakang pendidikan SMA 1 Gresik tahun 1986;  Teknik Sipil Perhubungan ITS Surabaya tahun 1991; dan S2 Ekonomi Transportasi di Univ Lyon II Prancis tahun 1996. Pernah mendapatkan penghargaan Lancana Karya Satya 10 tahun (2011) dan Satya Lancana Karya Satya 20 Tahun (2018). 

      LHKPN Arif Toha Tjahjagama

  • Direktur Jenderal Perhubungan Udara;
    • Belum terdapat Jabatan Direktur Jenderal Perhubungan Udara terpilih.
  • Direktur Jenderal Perkeretaapian;
    • Ir. Zulfikri, M.Sc., DEA.

      Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Pria yang lahir di Lintau, pada tanggal 9 Juli 1962 menjalankan pendidikannya dari sekolah dasar hingga SMP di Bandar Lampung dan melanjutkan studi sarjana di ITB Bandung Teknik Sipil dan pasca sarjana di  Univ Lumiere II, Perancis jurusan Ekonomi Transportasi.  Alamat kantor JI. Medan Merdeka Barat No. 8 Gd. Karsa Lt. 2, Jakarta Pusat Telp. (021) 3518064 Ext. 1349 Fax. (021) 3813972.

       

  • Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia;
    • Djoko Sasono

      Sekretariat Jenderal Kementerian Perhubungan Lahir di Kediri pada tanggal 25 September 1963. Menyelesaikan pendidikan sarjana Teknik Planologi di Institut Teknologi Bandung pada tahun 1987, lalu meneruskan studi pascasarjana Transportation Planning and Engineering di The University of Leeds, United   Kingdom, lulus pada tahun 1994, dan pendidikan doktoral Transportation Planning and Policy (Urban Engineering) di The University of   Tokyo, Jepang, lulus pada tahun 2002. Pernah menjjabat sebagai Direktur Perencanaan Tata Ruang & Lingkungan, Kedeputian Bidang Perencanaan & Pemrograman, BAPEL (2005), Wakil Deputi Bidang Perencanaan & Pemrograman Badan Pelaksanan BRR NAD-NIAS (2005-2006), Wakil Deputi Bidang Pembangunan Infrastruktur II (2006), Wakil Deputi Bidang Infrastruktur Lingkungan & Pemeliharaan (2006-2007), Wakil Deputi Bidang Perumahan & Pemukiman BAPEL BRR NAD-NIAS (2007-2008), Perumus Kebijakan Trans. Multimoda (2008-   2009), Kepala Pusat Data & Informasi ( 2009-2012), Direktur Bina Sistem Transportasi Perkotaan (2012-2015), Direktur Jenderal Perhubungan Darat (2015), Penyusun Dokumen Perencanaan & Program (2015), Staf Ahli Bidang Logistik, Multimoda & Keselamatan Perhubungan (2016), Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan (2017-2018), Sekretaris Jenderal (2018-2022). Sederet Penghargaan yang pernah diraih, yaitu Piagam Penghargaan dalam rangka Hari Sumpah Pemuda ke-62 pada tahun 1990, Sertifikat Panitia pada kegiatan Sanggar Kerja Pemuda dan Lingkungan Hidup Hari sumpah Pemuda ke-63 tahun 1991, Piagam Panitia Seminar Perumusan Kebijaksanaan dan Perencanaan Transportasi Tahun 1991, Piagam Penghargaan Donor Darah 15 kali Tahun 1992, Piagam Penghargaan Acara Sarasehan  Antar Generasi dalam rangka Hari Sumpah Pemuda ke-66 Tahun 1994, Tanda Penghargaan Geladi BAKORSTANASDA Sulawesi Wirabuana T.A 1997/1998 Tahun 1998, Certifieate of Appreciation as The Best Presenter dari ISSOT Conference, NA, tahun 1999, Piagam Penghargaan Anggota Dewan Juri Penyelenggaraan Kegiatan Penilaian Pelayanan PrimaTahun 2003, Piagam Penghargaan Pos Koordinasi Pusat Angkutan Lebaran Terpadu (1424H) Tahun 2003, Satya Lancana Karya Satya 10 Tahun pada Tahun 2004, Piagam adikarya Pralabda Tahun 2008, Penghargaan Wibawa Seroja Nugraha Tahun 2014. Alamat kantor JI. Medan Merdeka Barat No. 8 Gd. Karsa Lt.7 Jakarta Pusat 10110 TeIp.(021)3812484, 3811308 Ext. 1111 Fax. (021) 3846712.

       

  • Kepala Badan Kebijakan Transportasi
    • Gede Pasek Suardika, DR. MSC.

      Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan Alamat Kantor Jalan Medan Merdeka Barat No.8 Gedung Karsa Lt. 6, Jakarta Pusat 10110. Lahir di Singaraja pada tanggal 17 Juli 1963. Memulai karir di Direktorat Perhubungan Darat sebagai Kepala Sub Bagian Pengembangan Program, Kepala Sub bagian Sistem Informasi, Kepala Sub bagian Perencanaan, Kepala Sub Direktorat Manajemen Keselamatan, Kepala Sub Direktorat Audit dan Inspeksi Keselamatan dan juga menduduki Direktur Keselamatan Transportasi Darat pada Tahun 2014. Kemudian di Tahun 2015, beliau pernah menjadi Direksi Perum Damri sampai dengan tahun 2017 sebelum beliau menjadi Kepala Biro Perencanaan. Dan pertengahan tahun 2019 beliau diangkat menjadi Staf Ahli Bidang Ekonomi, Kawasan, dan Kemitraan Perhubungan sebelum pada akhirnya bergabung di Inspektorat Jenderal pada akhir Januari tahun 2020 sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan. Memiliki latar belakang pendidikan yaitu Sekolah Dasar Negeri 18 Denpasar (1977), Sekolah Menengah Pertama Dharma Wanita Denpasar (1981), Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Denpasar (1984). Diploma III/Sarjana Muda (1988), S2 di Universitas of Leeds Inggris (1992), dan menyelesaikan gelar doktoralnya di Universitas Tarumanegara (2013). Penghargaan yang pernah diperoleh yaitu Satya Lancana Karya Satya 10 Tahun (2000), Satya Lancana Karya Satya 20 Tahun (2009).



       

  • Kepala Badan Pengelola Transportasi JABODETABEK
    • Umar Aris 
    • Alamat kantor: Jalan Medan Merdeka Barat No. 8  Jakarta Pusat. Lahir di Tanjung Karang Lampung pada tanggal 20 Februari 1963. Memiliki latar belakang pendidikan yaitu S1 Universitas Islam Jakarta (1988), S2 Manajemen di STIE (1998), S2 Komunikasi Penyiaran Islam STIH (2000) dan menyelesaikan gelar Doktoral di Universitas Borobudur Jakarta pada Tahun 2013. Memulai karir menjadi Kepala Sub Bagian Rancangan Peraturan Transportasi Laut, Kepala Bagian Hukum Setditjen Hubla Pada Tahun 2002, Kepala Biro Hukum dan KSLN Tahun 2008, pada Tahun 2014 beliau diangkat menjadi Staf Ahli Bidang Hukum dan Reformasi Birokrasi Perhubungan sebelum pada akhirnya bergabung di Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan pada Tahun 2021 dan dikukuhkan sebagai Kepala Badan Kebijakan Transportasi pada tahun 2022 seiring perubahan nomenklatur Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan menjadi Badan Kebijakan Transportasi dan pada tahun 2022, dilantik menjadi Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek.

2Profil Kementerian Perhubungan
Deskripsi :

Informasi mengenai Profil Kementerian Perhubungan :

3Peraturan, Keputusan dan atau Kebijakan
Deskripsi :

Informasi mengenai Peraturan, Keputusan dan atau Kebijakan yang mengikat bagi publik  yang dihasilkan oleh Kementerian Perhubungan dapat diakses melalui jdih.dephub.go.id

4Layanan Informasi
Deskripsi :

Informasi mengenai ringkasan laporan layanan informasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) :

5Laporan Pelaksanaan Kegiatan
Deskripsi :

Informasi mengenai ringkasan laporan pelaksanaan kegiatan berjalan di lingkungan Kementerian Perhubungan :

Laporan Tahunan (LAPTAH) Laporan Keuangan (Audited) Laporan Barang Milik Negara

Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP)
Kementerian Perhubungan Sekretariat Jenderal Kementerian Perhubungan
LKIP 2021 Kementerian Perhubungan LKIP 2021 Sekretariat Jenderal Kementerian Perhubungan
LKIP 2020 Kementerian Perhubungan LKIP 2020 Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan
LAKIP 2019 Kementerian Perhubungan   
LAKIP 2018 Kementerian Perhubungan  
LAKIP 2017 Kementerian Perhubungan  
LAKIP 2016 Kementerian Perhubungan  
LAKIP 2015 Kementerian Perhubungan  
LAKIP 2014 Kementerian Perhubungan  
LAKIP 2013 Kementerian Perhubungan  
LAKIP 2012 Kementerian Perhubungan  
LAKIP 2011 Kementerian Perhubungan  
LAKIP 2010 Kementerian Perhubungan  

Laporan Capaian Kinerja
Laporan Capaian Kinerja Laporan Monitoring Capaian Kinerja
Laporan Triwulan 3 Tahun 2021 Laporan Monitoring Triwulan 1 Tahun 2022
Laporan Triwulan 2 Tahun 2021  
Laporan Triwulan 1 Tahun 2021  
6Kegiatan, Program dan Rencana
Deskripsi :

Informasi mengenai Ringkasan Program dan Rencana Kegiatan yang di jalankan di lingkungan Kementerian Perhubungan :





7Informasi dan Pengaduan
Deskripsi :

Informasi mengenai kanal informasi dan pengaduan :

  • Contact Center 151;
    • Kanal pengaduan dan informasi melalui sambungan langsung Contact Center (021) 151
  • Sistem Manajemen Pengaduan (SIMADU);
    • Simadu adalah aplikasi Whistleblowing System (WBS) Kementerian Perhubungan untuk memproses pengaduan dan pemberian informasi oleh whistleblower sehubungan dengan adanya perbuatan yang melanggar perundang-undangan, peraturan/standar, kode etik, dan kebijakan, serta tindakan lain yang sejenis berupa ancaman langsung atas kepentingan umum, serta Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN).
  • Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) 
    • Pengelolaan pengaduan pelayanan publik di setiap organisasi penyelenggara di Indonesia belum terkelola secara efektif dan terintegrasi. Masing-masing organisasi penyelenggara mengelola pengaduan secara parsial dan tidak terkoordinir dengan baik. Akibatnya terjadi duplikasi penanganan pengaduan, atau bahkan bisa terjadi suatu pengaduan tidak ditangani oleh satupun organisasi penyelenggara, dengan alasan pengaduan bukan kewenangannya. Oleh karena itu, untuk mencapai visi dalam good governance maka perlu untuk mengintegrasikan sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik dalam satu pintu. Tujuannya, masyarakat memiliki satu saluran pengaduan secara Nasional. 
    • Untuk itu Pemerintah Republik Indonesia membentuk Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) adalah layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat Indonesia melalui beberapa kanal pengaduan yaitu website www.lapor.go.id, SMS 1708 (Telkomsel, Indosat, Three), Twitter @lapor1708 serta aplikasi mobile (Android dan iOS).
8Daftar Informasi Publik
Deskripsi :

Informasi mengenai Daftar Informasi Publik Kementerian Perhubungan